Selasa, 06 November 2018

KERJA KELOMPOK ONLINE, HILANGKAN ALASAN "GAK BISA DATANG"


 
    Tugas kelompok pada dasarnya, melatih kita untuk belajar dengan mandiri, belajar dengan teman agar lebih leluasa bertanya dan menjawab. Ya, itu merupakan harapan guru-guru dan dosen kita, namun, apakah realitasnya demikian? Pernahkah kita menjadi "korban" kerja kelompok? Atau malah kita yang mencari-cari asalan untuk tidak ikut mengerjakan tugas kelompok?
    Kabar gembira untuk kalian yang suka menjadi korban kerja kelompok yang rela menjadi pahlawan kesiangan demi teamnya, namun juga menjadi kabar yang kurang mengenakkan bagi para pencari alasan agar tidak mengikuti berbagai kegiatan kerkel.
Berita tersebut adalah,terdapat layanan Google Docs adalah layanan pengolah katalembar sebarpresentasiformulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan: Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apa pun (hingga maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010, yang memungkinkan kita untuk bekerja-kelompok tanpa harus tatap muka.


   Bagaimana caranya??

Yang pertama adalah : Membuat Google Dokumen di PC / Browser
Untuk mulai membuat Google Dokumen di PC bisa dimulai dengan mengunjungi link berikut: https://docs.google.com/document (atau bisa juga mengklik tombol toggle aplikasi Google ketika membuka beranda browser Chrome di ujung kanan atas sebelah foto profil, pastikan sedang login akun Google), pada halaman utama akan menampilkan semua dokumen yang dibuat / yang diterima / yang dikirim via Google Dokumen yang tehubung dengan akun GMail bersangkutan.
  • Klik template yang tersedia untuk mulai membuat dokumen dari template, atau bisa pilih “Kosong” untuk membuat dokumen dari lembar yang kosong.
  • Akan membuka layar pengeditan (editor) untuk mulai membuat sebuah dokumen, ini tidak berbeda jauh dengan editor Microsoft Word.
  • Mulailah menulis untuk dijadikan dokumen, misalnya membuat surat lamaran kerja atau lainnya.
Setelah selesai penulisan, silahkan klik tombol Bagikan dibagian atas kanan (jika tidak ada, klik tanda panah kebawah di sebelah kanan atas terlebih dahulu untuk menampilkannya). Secara default, setiap dokumen yang dibuat akan disimpan ke Google Drive dari akun tersebut dan disimpan sebagai pribadi. Jika ingin membagikannya silahkan klik tombol Bagikan tadi.
Ketika klik Bagikan, akan muncul layar munculan yang meminta nama untuk dokumen tersebut. Silahkan beri nama supaya enak dilihat ketika dikirim ke seseorang, klik tombol Simpan untuk menyimpan nama atau klik tombol Lewati jika tidak ingin memberikan nama. Selanjutnya, masukkan alamat email seseorang yang ingin dikirim dokumen tersebut. Tambahkan pesan jika ingin memberikan pesan barengan dengan dokumen tersebut, klik tombol Beres jika sudah selesai maka dokumen akan segera terkirim ke alamat email yang dicantumkan.
Klik ikon Google Dokumen di ujung kiri atas untuk kembali ke halaman utama (beranda), dokumen yang berhasil dibuat tadi akan muncul di daftar dokumen pada halaman ini. Setiap kali ingin mengeditnya, kamu dapat mengklik pada dokumen tersebut.
Catatan 1: Penyimpanan dilakukan secara otomatis setiap kali ada perubahan pada dokumen walaupun hanya berupa spasi, hati-hati dalam pengeditan, pastikan tidak meninggalkan editor jika belum selesai penulisannya.
Catatan 2: Setiap dokumen yang dibuat, bisa di edit dimana pun (browser dan aplikasi smartphone). Untuk aplikasi smartphone, bisa mengedit dalam keadaan offline (versi terbaru).
Jadi, bagaimana? Masih lagi mau kerja kelompok sendirian? atau masih mau nyari alasan? Ayo dicoba google docsnya.
Selamat mencoba ! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERJA KELOMPOK ONLINE, HILANGKAN ALASAN "GAK BISA DATANG"

      Tugas kelompok pada dasarnya, melatih kita untuk belajar dengan mandiri, belajar dengan teman agar lebih leluasa bertanya dan menja...